Pantai Kerasak

Pantai Kerasak atau Pantai Tanjung Kerasak adalah salah satu pantai yang menjadi kebanggaan masyarakat Bangka belitung pada umumnya, terkhusus masyarakat Bangka Selatan. Pantai Kerasak ini terletak di Desa Pasir putih, Toboali Bangka Selatan. Asala mula nama Pantai ini yaitu sewaktu pantai ini belum menjadi objek wisata seperti sekarang. Sepanjang garis pantai dipenuhi daun pohon yang berguguran hampir mendekati lutut. Masyarakat kampung menyebutnya kerasak.

Itulah sebabnya mengapa kemudian pantai ini dinamakan Pantai Tanjung Kerasak. Saat mudik ke kampung halaman, saya pun tak lupa menginjakkan kaki di pantai ini hanya sekadar melihat pemandangan yang mulanya terasa biasa saja.


Berjarak kurang lebih 30 Km dari Toboali yang dapat di tempuh selama 1 jam perjalanan dengan kendaraan roda dua dan roda empat. Pantai ini memiliki panaroma yang sangat indah dengan pasirnya yang putih, airnya yang jernih kebiru-biruan, ombak landai kecuali pada musim angin barat ombak besar dan bergulung-gulung. Di sekitar pantai merupakan hutan yang masih alami, sering digunakan  kegiatan berkemah. Pantainya dapat digunakan untuk mandi dan olahraga volley pantai.

No comments:

Post a Comment