Pulau Gusung Asam


Pulau Gusung Asam terletak disebelah timur laut Pulau Ketawai. Jika dilihat menggunakan GPS, pulau ini terletak pada titik koordinat 02o 15’ 25” LS dan 106o 20’ 24” BT. Berjarak hanya sekitar 1,5 km dari Pulau Ketawai. Karenanya, pulau ini terlihat jelas dari Pulau Ketawai. Disebut gusung mungkin karena terdapat gusung di pulau ini. Gusung dalam bahasa lokal merupakan gugusan pasir hasil dari sedimentasi. Gugusan tersebut timbul (terlihat) saat air surut dan tenggelam saat air laut pasang. Ini mengindikasikan bahwa perairan disekitar gusung merupakan perairan yang dangkal. Jika kita menuju Pulau Gusung Asam melewati Pulau Ketawai, maka kita akan menemukan dua buah gusung sebelum dan setelah pulau ini.


 Kondisi Terumbu Karang (Coral Reef) di Pulau Gusung Asam Ekosistem terumbu karang di Pulau Gusung Asam kondisinya termasuk kategori sedang. Kondisi terumbu karang dengan tutupan sekitar 30-40%. Tutupan karang dengan selang nilai tersebut termasuk dalam kategori sedang. Karang terletak tidak berjauhan dari pulau. Berjarak sekitar 200 - 300 meter dari pulau.

Meskipun luasnya hanya sekitar setengah luas Pulau Ketawai, namun pulau ini dihuni penduduk lebih banyak dari Pulau Ketawai. Di Pulau Gusung Asam terdapat sekitar 15 KK, memang tidak banyak, tapi para nelayan ini merupakan penduduk pulau ini. Nelayan di Pulau Gusung Asam merupakan mayoritas nelayan bubu. Mereka menangkap ikan dengan menggunakan bubu yang mereka buat sendiri atau kadang didatangkan dari daerah lain seperti kurau dan tanjung gunung. Bubu tersebut mereka pasang di daerah terumbu karang. Karenya ikan yang didapat adalah ikan-ikan karang yang bernilai ekonomis seperti kerapu, ekor kuning, ikan tanda-tanda, ikan ketarap, sampai kakap 

Sumber : http://www.bangkatengahkab.go.id

No comments:

Post a Comment